Article

PENGAMBILAN SUMPAH DOKTER GIGI PERIODE XII FAKULTAS KEDOKTERAN UNSOED

[dentistry.unsoed.ac.idSen, 02/07/2018] Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (FK UNSOED) kembali menyelenggarakan Sumpah Dokter Gigi Periode XII, Senin, 2 Juli 2018 di Aula Gedung Dekanat Lantai 3 Fakultas Kedokteran. Sebanyak 10 mahasiswa pendidikan Profesi Kedokteran Gigi yang terdiri dari 1 orang putra dan 9 orang putri telah di sumpah yaitu drg. Doni Mardianto Sapto Prabowo, drg. Vika Arumsari, drg. Nisa Al Fida Arraniry, drg. Naila Marifat Aljinani, drg. Tiana Siti Amalia, drg. Rosafina Irene Utami, drg. Citra Saka Gama Diarum, drg. Kaisati Luthfina, drg. Laksita Rahma Paritya,dan  drg. Anita Dyah Septiani.

Sumpah dokter gigiperiode XII dihadiri oleh Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Purwokerto (RSGMP), Ketua dan Wakil Ketua Jurusan, PDGI Cabang Banyumas, Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, Dokter Gigi Puskesmas, orang tua serta para undangan dan mahasiswa. Perlu diketahui menurut data yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesiapada Maret 2018, jumlah dokter gigi saat ini adalah 12.501 dari 836.466 praktisi profesional yang dikelompokan sebagai tenaga kesehatan. Sedangkan melihat dari jumlah penduduk Indonesia berdasarkan proyeksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 mencapai 265 juta jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 133,17 juta jiwa laki-laki dan 131,88 juta jiwa perempuan yang tersebar dari berbagai wilayah dari Sabang sampai Marauke. Secara garis besar perbandingan antara jumlah dokter gigi dan jumlah penduduk di Indonesia masih jauh dari ideal, selain itu belum meratanya persebaran keberadaan dokter gigi dengan jumlah penduduk diseluruh wilayah yang ada. 

Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS Selaku Rektor Universitas Jenderal Soedirman dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para dokter gigi yang baru saja telah diambil sumpah. Beliau menuturkan bahwa lulusan harus bekerja sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh asosiasi profesinya. Hal tersebut bermakna dua hal yaitu menjamin kualitas pelayanan dan untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan pasien serta diri sendiri sebagai tenaga medis. Beliau Rektor Unsoed pun mengatakan dalam sambutannya, “Profesionalisme, penguasaan pengetahuan, dan keterampilan dan kemampuan berkomunikasi menjadi hal-hal yang tidak dapat dipisahkan untuk mendukung kompetensi sebagai dokter gigi. Tanpa profesionalisme, maka saudara akan kehilangan integritas. Tanpa penguasaan pengetahuan dan keterampilan, maka saudara akan rentan melakukan kesalahan. Sebagaimana tanpa kemampuan berkomunikasi, maka saudara melupakan hakikat pekerjaan anda adalah berinteraksi dengan manusia dan memuliakan kehidupannya.” tutur Rektor Unsoed.

Wakil Ketua PDGI Cabang Banyumas drg. Mahindra Awaludin Romdlon mewakili Ketua PDGI Cabang Banyumas dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada seluruh dokter gigi yang baru disumpah. Selamat menjalani hidup baru dan amanah baru. Ucapan terimakasih disampaikan pula kepada Kedokteran Gigi Unsoed, sebab telah berperan penting dalam mencetak dokter  gigi yang berkualitas yang mampu bersaing, bahkan dapat bersaing dengan dokter gigi asing karena saat ini sudah memasuki pasar bebas. Beliau mengingatkan mulai tahun 2018 semua dokter gigi, baik dokter gigi baru maupun dokter gigi senior atau yang sudah berpuluh tahun berpraktek harus melakukan registrasi online. Dan itu merupakan hal baru yang menjadikan tantangan bahwa kedokteran gigi semakin kesini akan berkembang teknologinya, serta semakin berkembang ilmunya. Sehingga mau tidak mau dokter gigi harus terus melakukan update ilmu, pengetahuan dan kemampuan.

Kedokteran Gigi. Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah! (oim)

 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online semester genap TA. 2017/2018 adalah 12-23 Februari 2018.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jateng 53122
2. Kampus Kalibakal Jl. Jend. Soedirman Timur, Purwokerto Selatan, Jateng 53146

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan