Blog entry

BAKSOS REGIONAL V PSMKGI di Banyumas

Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) bekerjasama dengan Kementrian Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Kedokteran Gigi (BEM-KBMKG) Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Bakti Sosial (baksos) Regional V PSMKGI. Bakti sosial ini dilaksanakan selama dua hari (21-22 Juni 2014) di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada acara baksos regional V ini adalah kegiatan senam pagi, donor darah, pasar murah, dan nonton bareng bersama warga setempat pada hari sabtu (21/06/2014). Adapaun acara puncaknya pada hari minggu (22/06/2014) yaitu pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis bagi warga setempat. Pengobatan gigi gratis yang dilaksanakan pada baksos kali ini meliputi tindakan pembersihan karang gigi, pencabutan dan penambalan gigi bagi dewasa maupun anak-anak. Kegiatan ini berpusat di satu titik yaitu balai desa Desa Petahunan.

Baksos regional ini merupakan kegiatan yang memiliki standarisasi tersendiri dicetuskan oleh komisi C PSMKGI yang bergerak dalam pengabdian masyarakat. Baksos regional diikuti oleh delegasi mahasiswa kedokteran gigi JOGLOSETO (Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto) yaitu dari 6 institusi kedokteran gigi se-Jawa Tengah dan Yogyakarta (Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sultan Agung Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Jenderal Soedirman selaku penyelenggara).

Hasil wawancara dengan ketua panitia Ghina Giovani, menyatakan bahwa sebelumnya sudah dilakukan beberapa kali survey di tempat baksos ini. “Desa Petahunan dipilih karena hasil survey menunjukkan tingkat karies gigi yang cukup tinggi dan mayoritas penduduk setempat bekerja sebagai penderes kelapa yang barkaitan dengan makanan manis cimplung” ungkap Ghina. “Selain itu, desa tersebut terletak jauh dari pusat pengobatan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut” imbuhnya. Kegiatan ini pun disambut oleh warga dengan antusias, banyak yang berdatangan dari anak-anak hingga dewasa untuk mengikuti baksos ini. Tujuan kegiatan baksos regional V PSMKGI ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut warga setempat. Kegiatan ini menjadi kontribusi nyata mahasiswa kedokteran gigi untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut setinggi-tingginya. Salam Pengabdian!!!

 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online semester gasal TA. 2014/2015 adalah 18-29 Agustus 2014.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2014/2015 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI

Alamat Kampus : Jl. Dr. Soeparno, Kampus Karangwangkal Gedung E, Purwokerto, Jawa Tengah - INDONESIA 53122

Telp. (0281) 643744 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan